Kurikulum merdeka adalah metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Para pelajar dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai passion yang dimilikinya. Secara umum, kurikulum merdeka merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam.
Kegiatan In-House Training (IHT) yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 15 – 17 September 2022 dengan mode luring. kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Pelatihan Komite Pembelajaran pada Program SMK Pusat Keunggulan yang diselenggarakan oleh peserta Pelatihan Komite Pembelajaran pada Program SMK Pusat Keunggulan bagi seluruh guru, sebagai langkah dalam penyiapan SDM yang dibutuhkan untuk melaksanakan perubahan pembelajaran di SMK Negeri 18 Samarinda sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan.
Tujuan dari Kegiatan In-House Training (IHT) ini adalah peserta menerapkan filosofi pembelajaran yang memerdekakan, profil pelajar Pancasila, dan implikasinya dalam pembelajaran.
Setelah mengikuti IHT, peserta diharapkan mampu merefleksikan pembelajaran kurikulum merdeka.
a. Mengidentifikasi komponen kerangka kurikulum dan peranan pemangku kepentingan dari tingkat pusat sampai satuan pendidikan dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik;
b. Mengidentifikasi rasional, tujuan dan elemen capaian pembelajaran pada berbagai matapelajaran yang diampu, mengaitkan peranan capaian pembelajaran sesuai dengan tingkat pencapaian siswa (kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar sesuai dengan fase perkembangan anak);
c. Mengidentifikasi keterkaitan antara profil lulusan dengan visi dan misi sekolah, program dan pembelajaran di kelas, menginvestigasi sumber daya dan tantangan wilayahnya untuk merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada satuan pendidikan;
d. Menerapkan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul ajar dalam pengembangan ATP dan modul ajar serta sumber belajar yang dibutuhkan untuk mendukung penerapannya;
e. Menggunakan TIK dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, cara mengakses platform digital, platform sumber daya sekolah, platform guru, dan platform rapor pendidikan.
Peserta IHT adalah guru kelas X dan XI di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan yang belum mengikuti pelatihan di tingkat nasional dan berasal dari kelas yang menjadi sasaran implementasi pembelajaran pada SMK Pusat Keunggulan tahun 2022.