Sekilas Tentang Manajemen Perkantoran
Program Manajemen Perkantoran memiliki kurikulum Standar Nasional berbasis perkembangan industri dan dunia kerja. Jurusan Administrasi Perkantoran bertujuan untuk menyediakan tenaga yang professional di bidang perkantoran.
Pada praktik kerjanya peran mereka adalah memastikan operasional kantor berjalan lancar. Administrasi Kantor pada kegiatan sehari-harinya fokus pada perencanaan kegiatan kantor, penyediaan peralatan kantor, mengatur perubahan antar departemen, mengatur anggaran keuangan sampai dengan membantu tugas manajemen senior untuk menggaji pegawai. Siswa Administrasi Perkantoran juga dibekali dengan kemampun berkomunikasi sehingga lulusan jurusan ini memiliki kompetensi di bidang hubungan massa, asisten personil maupun sebagai penyelenggara acara (event organizer).
Pembelajaran di SMK Negeri 18 Samarinda
Dengan visi menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) professional di bidang Manajemen Perkantoran yang mampu berkompetisi di tingkat nasional, maka jurusan ini membekali siswanya dengan kompetensi berikut:
- Kemampuan berkomunikasi dengan relasi baik lisan maupun tertulis dengan memperhatikan norma dan lingkungan kerja.
- Kemampuan penguasaan teknologi informasi untuk dapat melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam pengelolaan surat dan dokumen lain sesuai standar operasional prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
- Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan di bidang keuangan hingga menjadi laporan yang dapat dipertanggungjawabkan.
Penerapan konsep dan teori dilakukan di laboratorium Manajemen Perkantoran yang ada di sekolah dan selanjutnya dimatangkan lewat kegiatan Praktik Kerja Industri yang dilakukan di kantor dan perusahaan rekanan sekolah. Siswa juga dibekali dengan kompetensi tambahan melalui workshop di perusahaan, misalnya Table manner, Master of Ceremony, dan Jurnalistik.
Bidang Kerja Manajemen Perkantoran
Setelah lulus dari Program Keahlian Manajemen Perkantoran, bidang kerja yang sesuai :
- MC
- Resepsionis
- Sekretaris
- Staff Administrasi
- Guru SMK
- Asisten Sekretaris
- Staff Personalia
- Event Organizer
- Staff Operasional Pameran
- Personal Asistent
- Arsipari
- Operator komputer dan telepon
- Humas dan Keprotokolan
- Wirausaha