Penggunaan aplikasi E-Rapor yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harusnya memang sudah diterapkan di sekolah-sekolah. Tujuannya untuk memudahkan sekolah dalam pengelolaan dan pengolahan rapor sebagai laporan hasil belajar peserta didik.
Berkaitan dengan hal tersebut, SMK Negeri 18 Samarinda melaksanakan In House Training (IHT) terbatas untuk admin dan wali kelas (yang sekaligus guru mata pelajaran) dalam menggunakan E-Raport.
Pelatihan E-Raport yang di adakan di SMK Negeri 18 Samarinda mulai hari Rabu, 28 Desember 2022. acara di buka oleh sambutan kepala SMK Negeri 18 Samarinda Ibu Celiyani, S.Pd. kegiatan ini dihadiri oleh seluruh guru SMK Negeri 18 Samarinda. sebagai pemateri dalam pelatihan E-Raport ini adalah Bapak Wawan yang merupakan operator Dapodik SMK Negeri 2 Samarinda.
Dalam paparanya Kepala Sekolah SMK Negeri 18 Samarinda Ibu Celiyani, S.Pd berharap dengan adanya Workshop ini para Guru dapat meningkatan kompetensi dalam pengolahan nilai menggunakan e-raport.
Aplikasi E-Rapor merupakan aplikasi untuk pengolahan nilai pengetahuan, nilai keterampilan, nilai sikap yang telah dilakukan oleh pendidik sehingga terbentuk nilai akhir beserta deskripsinya secara otomatisasi sesuai dengan perolehan siswa pada setiap kompetensi dasar yang dinilai, setelah wali kelas menginput nilai ekstrakurikuler, absensi siswa, perstasi, deskripsi sikap, serta catatan wali kelas maka E-Rapor akan menyusunnya menjadi laporan capaian kompetensi siswa.
Pada kegiatan tersebut disampaikan oleh nara sumber bahwa penggunaan E-Rapor diawali dengan instalasi aplikasi dan menyiapkan data yang diambil (singkron) dari data DAPODIK sekolah.
Materi yang disampaikan meliputi : menu akun admin dengan semua menu yang harus disiapkan agar input data dan nilai oleh guru mata pelajaran tidak terkendala data, menu-menu pada akun guru mata pelajaran, menu-menu pada akun wali kelas dan guru BK.
Tujuan dari E-Rapor SMK ini adalah untuk membantu pendidik dalam mengolah nilai pengetahuan, Membantu pendidik dalam mengolah deskripsi pengetahuan, Membantu pendidik dalam mengolah nilai keterampilan, Membantu pendidik dalam mengolah deskripsi keterampilan, Membantu wali kelas dalam mengolah deskripsi sikap spiritual maupun sosial, Membantu Satuan pendidikan dalam menyusun laporan hasil penilaian sesuai dengan panduan penilaian dari Direktorat Pembinaan SMK.